Jumat, 05 Oktober 2012
Tips Penanganan Masalah Siswa
3. Waka kesiswaan untuk membantu mengatasinya. Bukanlah kesalahan professional guru apabila tidak dapat menangani permasalahan anak didik dalam kelas berkenaan dengan itu guru dapat menggunakan seperangkat strategi untuk tindakan perbaikan terhadap tingkah anak didik yang terus menerus menimbulkan gangguan dan yang tidak mau terlibat dalam kegiatan di kelas Strategi Yang Dapat Digunakan
1. Modifikasi Tingkah Laku Guru hendaklah menganalisis tingkah anak didik yang mengalami masalah dan berusaha memodifikasi tingkahlaku tersebut. Dengan mengaplikasikan pemberian penguatan secara sistematis. • Dapat kerjasama dengan rekan kerja mengatasi masalah • Merinci dengan tepat tingka yang menimbulkan masalah • Memilih dengan teliti tingkah yang diperbaiki dengan mudah untuk diubah, tingkah yang paling menjengkelkan yang sering muncul. • Tepat memilih pemberian penguatan yang dapat digunakan untuk mempertahankan tingkah yang telah menjadi baik. 2. Pendekatan Pemecahan Masalah Kelompok • Memperlancar tugas, mengadakan terjadinya kerjasama yang baik dalam pelaksanaan tugas. • Memelihara kegiatan-kegiatan kelompok, memelihara dan memulihkan semangat anak didik dan menangani konflik yang timbul. 3. Menemukan dan memecahkan tingkahlaku yang menimbulkan masalah. • Guru dapat menggunakan seperangkat cara untuk mengendalikan tingkahlaku keliru yang muncul, guru harus mengetahui sebab dasar yang mengakibatkan ketidak patuhan tingkah tersebut. Serta berusaha mencari pemecahanya. • Hal-hal yang harus di hindari dalam menangani masalah siswa. A. Campur Tangan Yang Berlebihan Seperti guru menyela kegiatan yang asik berlangsung dengan komen atau petunjuk mendadak, maka kegiatan siswa akan terganggu atau terputus. Kesan guru tidak memperhatikan kebutuhan siswa, hanya memuaskan dirinya saja. B. Kelenyapan Terjadi jika guru gagal secara tepat melengkapi suatu intruksi penjelasan atau petunjuk, komentar. Kemudian menghentikan penjelasan atau sajian tanpa alas an yang jelas dan membiarkan pikiran anak mengawang-awang. C. Ketidak tepatan memulai dan mengahiri kegiatan Terjadi jika guru memulai suatu aktivitas tanpa mengakhiri aktivitas sebelumnya. D. Penyimpangan Terjadi jika dalam kegiatan PBM guru terlalu asik dengan kegiatan tertentu seperti sibuk dengan tempat duduk yang tidak rapi atau cerita sesuatu yang tidak ada hubungan dengan materi terlalu jauh, sehingga kelancaran kegiatan di kelas terganggu. E. Bertele-tele Terjadi jika pembicaraan guru bersifat : 1. Mengulang-ulangi hal-hal tertentu 2. Memperpanjang pelajaran atau penjelasan 3. Mengubah teguran menjadi ocehan yang panjang Hal ini merupakan hambatan kemajuan pelajaran atau aktivitas kelas. Siswa pada umumnya mencatat sebagai hal yang membosankan dan tidak mau terlibat dalam kegiatan di kelas. F. Pengulangan Penjelasan Yang Tidak Perlu Terjadi Jika Guru memberi petunjuk yang berulang-ulang secara tidak perlu membagi kelas dalam memberikan petunjuk atau secara terpisah memberi petunjuk ke setiap kelompok yang sebelumnya dapat diberikan secara bersama-sama kepada seluruh kelompok sekali saja di depan kelas.
sumber : http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/tips-penanganan-masalah-siswa.html
tanggal : 31 Mei 2012
-
Batik Warisan Budaya Indonesia Yang Perlu dilestarikan
Pada hari ini, tanggal 2 Oktober 2012, bangsa Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional bukan tanpa cerita....
» selengkapnya -
Kemdikbud Siap Selenggarakan Puncak Hari Kesaktian Pancasila
Jakarta --- Tahun ini bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai panitia penyelenggara kegiatan ...
» selengkapnya -
Mendikbud: Tidak Ada Kompromi dalam Pemberian Sanksi
Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan tidak akan ada kompromi dalam pemberian sanksi dalam kasus tawuran pelajar. Saat ini Kemdikbud masih menunggu hasil penyelidikan ...
» selengkapnya -
Pendidikan Karakter untuk Standar Nasional Pendidikan
Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh mengatakan, standar pendidikan nasional yang ada saat ini perlu dimantapkan. Bukan sekadar di atas kertas,...
» selengkapnya -
Pendidikan Karakter Bangsa Sebagai Salah Satu Antisipasi Tawuran Pelajar
Ada 18 nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dibuat oleh Kemdikbud. Mulai tahun ajaran 2011, seluruh tingkat pendidikan di Indonesia harus menyisipkan ...
» selengkapnya -
Mendikbud Minta Masukan Atasi Tawuran Pelajar
Jakarta --- Terkait dengan tawuran pelajar yang minggu ini telah menewaskan dua pelajar di DKI Jakarta, Menteri Pendikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta masukan semua pihak untuk ...
» selengkapnya -
Kemdikbud Lepas Tiga Tim Olimpiade Internasional
Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengirim tiga tim untuk berpartisipasi dalam tiga ajang bergengsi, yaitu International Earth Science Olympiad di Olavarri, Argentina,...
» selengkapnya -
Kemdikbud Siapkan RUU Tata Kelola Kebudayaan
Yogyakarta --- Indonesia memiliki beragam warisan budaya yang tersebar di seluruh nusantara. Namun, warisan budaya yang mendapat pengakuan dari UNESCO baru sebanyak 14 jenis....
» selengkapnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar