Sabtu, 06 Oktober 2012

Wali Kota Pekalongan Luncurkan Perpustakaan Digital

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Warga Kota Pekalongan kini bisa mengakses ratusan buku referensi maupun konten lokal Pekalongan setelah portal perpustakaan digital Kota Pekalongan diluncurkan oleh Wali Kota Pekalongan M Basyir Ahmad. Di perpustakaan digital ini, terdapat 300 judul buku yang bisa diakses.
“Kami sudah mengalihmediakan 300 buku. Sebanyak 78 merupakan konten lokal, sementara sisanya buku referensi,” ujar Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kota Pekalongan Maryati pada peluncuran perpustakaan digital Pekalongan http://digilib.pekalongankota.go.id di Gedung Olahraga dan Kesenian Jetayu Kota Pekalongan, Kamis (5/4).

Menurut dia, nantinya tidak hanya buku-buku referensi dan konten lokal yang bisa diakses. Namun arsip-arsip dan hasil penelitian juga akan dialihmediakan agar bisa diakses dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Pekalongan. “Pada akhir tahun ini, kami akan mengalihmediakan arsip,” ujarnya.
Sementara itu, usai meluncurkan perpustakaan digital, Wali Kota Pekalongan mengatakan, perpustakaan digital tersebut nantinya bisa diakses masyarakat hingga tingkat RW. Menurut dia, Pemkot Pekalongan akan membangun infrastuktur jaringan Batik-net ke RW-RW di Kota Pekalongan.
“Tahun ini, 110 RW akan terhubung internet. Sementara sisanya tahun depan. Dengan demikian, perpustakaan digital bisa diakses masyarakat di tingkat RW,” jelasnya.
( Isnawati / CN26 / JBSM )

Sumber :http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/04/05/114582/Wali-Kota-Pekalongan-Luncurkan-Perpustakaan-Digital 
tanggal : 05 April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar